Senin, 25 Juli 2016

Gue Udah Dewasa (?)

Ini mungkin pertanyaan yang paling sering di pertanyakan orang.. Dewasa itu apa sebenarnya?? Apa yang membuat orang di katakan telah dewasa atau nggak?? Ini juga yg sering gue tanyakan ke diri gue sendiri,, gue udah dewasa atau belum?? kalau besar jelas gue nggak,, gue masih kecil..

Karena kalau dari segi umur,, seharusnya gue udah masuk tahap dewasa,, bukan remaja lagi..
Karena menurut wikipedia dewasa dapat didefinisikan dari aspek biologi yaitu sudah akil baliq, secara hukum sudah berusia 16 tahun ke atas. Dan menurut ilmu psikologi, dewasa adalah periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal (bukan nama gue, Baca : permulaan) usia dua puluhan tahun dan yang berakhir pada usia tiga puluhan tahun. Jadi gue udah dewasa dong??

Tapi itu belum sepenuhnya benar.. Gue juga nggak yakin gue udah dewasa atau belum.. Gue terkadang masih terkadang bingung menghadapi persoalan hidup,, termasuk menyangkut soal hati, perasaan, dan cinta.. Gue kadang masih galau berlebihan (seperti yang elo liat di dua postingan gue),, kadang baper berlebihan terutama saat dengar lagu-lagu sedih.. Tapi terkadang juga gue mampu memberikan solusi dan mampu berpikir positif atas kondisi yang di alami orang lain.. Juga kadang-kadang,, gue tau bagaimana harus melawan emosi,, menahan amarah saat berhadapan dengan orang lain.. Menerima dengan baik masukan dari orang lain terutama nasihat yang baik..

Katanya dewasa itu tidak lagi berpikiran egois.. Gue?? Gue terkadang mampu melawan sikap egois itu,, terkadang juga nggak.. Termasuk gue pernah cemburu sama sahabat baik gue,, yang bahkan udah gue anggap adik sendiri,, gue cemburu ke dia gara-gara orang yang dekat sama gue saat itu,  sering banget ngerepotin dia dibanding gue.. ada beberapa hal yang dari dekat sama gue saat itu,, gue nggak tau,, tapi dia tau.. dan gue cemburu karena itu.. gue juga pengen jadi orang di repotin,, gue juga pengen tau lebih dari dia,, dari siapapun malah..
Tapi apakah itu berarti gue nggak dewasa krn cemburu ke sahabat sendiri?? Gue juga nggak tau..
Dan apakah gue nggak dewasa karena egois yang ingin tau segalanya?? Gue juga nggak yakin..

Tapi gue juga kadang bersikap tanpa jaim sama sekali,, jail minta ampun,, ngebahas hal-hal yang nggak penting,, ngomentari hal-hal yang nggak seharusnya dikomentarin,, dan pernah di organisasi gue,, teman-teman bikin video joget-joget,, dan gue ikutan.. bukan hanya sekali,, tapi beberapa kali.
Dan kampretnya video itu di putar di depan mahasiswa baru atau kami menyebutnya anggota baru di organisasi.. Hingga gue udah di anggap gila oleh sebagian junior gue di organisasi,, bahkan salah seorang junior gue yg bertubuh mungil nan kecil kayak upil,, yang kebetulan seangkatan sama sepupu gue,, nggak percaya kalau gue beneran sepupuan,, karena menurut si upil, gue terlalu binal untuk jadi sepupunya sepupu gue yg orangnya emang pendiam..

Tapi pernah,, gue di ajakin sama paman gue,, ketempat potong rambut,, dan saat bayar, harga yg gue bayar adalah harga untuk orang dewasa.. Berarti gue udah di anggap dewasa dong?? Hehehe

Nah sekarang,, dari semua ini apa gue udah dewasa?? Gue juga nggak yakin..
Biarlah waktu akan menjawab semuanya,, gue hanya bisa mencoba melakukan yang terbaik dalam hidup gue,, mencoba menjadi manusia yang berguna buat orang lain.. Dewasa banget kan kata-kata gue?? Muahahahaha...

Sebagai penutup gue ingin bilang,, mengutip kata-kata orang,, bahwa Tua itu pasti,, Dewasa itu pilihan.. Yappp kita yang milih mau bersikap dewasa atau nggak.. Tapi seenggaknya menurut gue,, mengakui kesalahan dan mudah memaafkan orang lain,, itu salah satu bentuk kedewasaan..

Oke,, sampai ketemu di postingan gue selanjutnya..
Dan Terima Kasih udah baca blog gue..

0 komentar:

Posting Komentar