Kamis, 21 Juni 2012

Tinggi Loe Berapa??

"Wal...Wal...Awal...." nyokap gue manggil..
"Iya, Ma.. ada apa???"
"Ambilin panci mama di atas lemari,, karena kau yang paling tinggi di sini..."

Saat denger itu,, gue bangga setengah gila,,, artinya gue dah lebih tinggi dari semua keluarga gue...

tapi saat gue masuk ke sekolah,, tepatnya SMA,,
gue baru nyadar,, tenyata omongan orangtua gue dulu,, salah total..
GUE YANG PALING PENDEK DI SEKOLAH...

Dan bisa kalian bayangin betapa pendeknya semua anggota keluarga gue...

Jadi orang pendek + kecil tuch,, nggak enak banget..., selalu di jadiin tumbal...



pernah suatu waktu,, saat gue kelas 3 di salah satu SMK,, di daerah gue...
saat itu pagi-pagi, entah kenapa handle pintu kelas gue rusak bagian luarnya,, jadinya gak bisa kebuka dari luar, harus dari dalem...
segala upaya telah teman-teman gue lakuin,, sampai-sampai ada yang harus ngeluarin keahlian nyolong-nya, dan tetap gagal,, akhirnya mereka nyerah,, dan jalan satu-satunya adalah salah satu dari kita harus masuk lewat jendela yang super kecil.., agar bisa buka pintu dari dalem kelas... dan teman-teman gue langsung menatap gue dengan penuh birahi...


"loe harus masuk, Wal.." kata teman gue sambil tersenyum mesum..
"kenapa harus gue??, gue kan ketua kelas" kata gue mencoba membela diri...


och iya, sekedar info gue adalah ketua kelas saat SMK selama 3 periode,, (presiden aja kalah,, presiden hanya bisa memimpin selama 2 periode,, sementara gue 3 periode,, hebat kan gue...)



"iya, gue tw,tapi kan loe yang paling kecil dan pendek di sini,, dan jendelanya hanya loe yang bisa lewati.." kata teman gue bijak,, meyakinkan gue,, bahwa gue satu-satunya harapan yang bisa nyelametin mereka...
sebelum gue sempat membela diri, teman gue yang lain langsung nyerocos,sambil tertawa lebar selebar mulut kuda nil,,
"SIAPA SURUH LOE KECIL DAN PENDEK??",,

"Anjriitt"..
Gue pun mencoba nyari batu tuk nimpuk kepala teman gue ini,, tapi gak nemu,, akhirnya gue pasrah..

Saat gue mempertaruhkan nyawa tuk melewati jendela yang super kecil nan sempit nan legit itu,, teman-teman gue teriak-teriak menyemangati,, ada yang jadi cheerleader dadakan, malah lebih mirip banci kegatelan,, sampai-sampai ada yang nari perut segala,, malah lebih mirip parade emak-emak lagi hamil 6 bulan...

Dan setelah berjuang sekuat tenaga,, akhirnya gue berhasil lolos dari jendela super kecil nan sempit nan legit itu, dan membuka pintu dari dalam,, teman-teman gue yang cewe' langsung histeris dan yang cowo'nya sambil nahan tangis mereka memeluk dan menepuk pundak gue,, mereka pun bilang,,,
"loe hebat Awal,, loe baru aja nyelametin kita semua,, loe adalah pahlawan kita semua"..

sangat dramatis memang...
Hari itu, pelajaran berjalan lancar seperti biasanya,, dan gue menjadi sosok pahlawan kontet pembela kebetulan...



Seminggu kemudian kejadian itu terulang kembali,, dan saat gue mencoba menyelamatkan diri,, gue dah di cegat ama beberapa teman gue sambil bawa tombak,, dan gue di arak menuju tempat penumbalan itu dengan lagu dan tarian khusus untuk ritual tumbal,, dalam hati gue berdoa,,,
"Ohh Tuhan,, semoga pengorbanan gue ini menjadi sejarah dan melegenda bagi generasi penerus gue.."
dan lagi-lagi gue harus mempertaruhkan nyawa tuk jalani tugas suci nan mulia dari teman-teman gue...



Dan bukan hanya itu,,,
gue baru tw,, bahwa alasan mereka milih gue jadi ketua kelas selama 3 periode bukan karena dedikasi gue,, tetapi karena gue yang paling kecil dan pendek,, sehingga mereka bisa jadiin gue peluru ketapel low gue ngelarang mereka bertingkah binal dalam kelas...



Dalam hati gue bertekad,, gue harus lebih tinggi dan lebih besar,,, segala macam telah gue lakukan,, mulai dari pull up tiap pagi,, minum susu dan suplemen,, guling-guling di kasur dan main bola bekel (lah,, apa hubungannya ama tinggi badan),, tapi gue (tetap) pendek dan kecil juga...
Satu-satunya cara yang belum gue coba yaitu nelen tiang listrik,, tapi nggak gue lakuin ntar gue di laporin ama warga ke KPK (lah,, nyambung di mana???)


Kini gue hanya bisa pasrah,, mungkin takdir ukuran gue dah mencapai batas maksimalnya...


ada teman gue pernah nanya,,
"tinggi loe berapa Wal???"
gue hanya bisa tersenyum lebar,,, gue nggak tw pastinya,, gue nggak berani ngukur,, takutnya setelah gue ukur dan gue lihat hasilnya,, gue malah syok dan mati menggenaskan dengan mulut berbusa, karena ternyata hasilnya hanya 100 mm..

Tapi meskipun begitu,, ada juga enaknya bertubuh mungil gini (baca: kontet)



Saat itu, gue dah lulus SMK,, gue pergi jalan-jalan ke sekolah dan bertepatan dengan pendaftaran siswa/siswi baru,, saat lagi asyik perhatiin calon siswa/siswi baru,, seorang cewe' yg lagi ngantri bertanya ke gue,, dengan gaya bicara ABG kelebihan gaul...
"Ellohh,, ambhilh jhurushan aphah???"
Gue yang di tanya, awalnya bengong,, nie cewe' kena asma akut kayaknya,, dan gue pun jawab dengan lebih ke ABG-an juga (baca: gaya asma stadium akhir)
"Ghueeh,, nggakhh mauhh dhaftharh,, ghueeh dahh lhulhush"
Sumpah pengen mati rasanya ngomong kaya gitu,, sesak napas jadinya...
"och gitu,, pantesan!!" akhirnya dia ngomong normal,, mungkin capek juga ngomong kaya gitu..
"pantesan kenapa??" tanya gue curiga
"ehm,, masa iya loe baru mau daftar,, muka loe ketuaan tuk ukuran anak SMA",, sambil pergi ninggalin gue,,,



Mata gue melotot, mencar-mencar nahan marah,,,
pengen rasanya nie cewe' gue ceburin ke kali,, tapi gue sadar, gue ada di teras salah satu kelas,, nggak ada kali yang ada hanya got kering yang sempit.. jadi gue urungkan niat gue..
Anjriittt...



Hingga sampai saat ini,, gue dah kuliah,, tinggi gue masih segitu-gitu aja...
dan gue dah beneran pasrah dengan takdir kependekan gue...



Udah dulu yach,,, postingan gue kali ini,,
och iya,, pesan moralnya,,,
apapun bentuk tubuh kita,, jangan sampai hal itu menghalangi langkah kita,,
buktikan bahwa kita bisa,, toch yang menentukan kualitas kita bukan dari segi bentuk tubuh,, tapi dari segi otak dan amal kita,,,

Hidup Pendek...
Hidup Kontet...
Hidup Emak-Emak Ngidam....

0 komentar:

Posting Komentar